Selasa, 27 November 2012

URL Dan HOMEPAGE


1. URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. URL dapat diakses dengan berbagai metode dan bisa jadi bukan hanya sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie, atau apa pun yang berkaitan dengan data hasil proses. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

Secara umum, untuk melakukan penjelajahan internet harus diketahui alamat yang dituju. Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut.

Protokol           --> http://
Domain            --> www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id
Directory          --> /06/
Nama halaman --> index.php

Aturan tersebut jika digabung akan menjadi
http://www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/06/index.php

Bentuk nama domain secara umum adalah
ilkom.fmipa.ipb.ac.id

Bagian "ac" menyatakan tipe domain, sedangkan "id" menyatakan kode negara untuk Indonesia.

Macam-macam tipe domain.










Daftar identitas sebagian negara.













2.Homepage adalah sebuah halaman dalam sebuah website atau blog yang ditampilkan saat kita mengakses alamat domainnya, atau saat kita klik menu home dari website atau blog tersebut.
Sebagai contoh, saat anda mengunjungi blog saya ini URL nya www.cara-membuat-blog.info, nah halaman yang ditampilkan disitulah homepagenya. Begitu juga saat anda klik menu HOME-nya, maka halaman homepage itu akan muncul. Adalah tidak bisa sebuah halaman disebut  sebagai sebuah homepage, jika memiliki alamat halaman tambahan di belakang domainnya. Contoh : www.cara-membuat-blog.info/pengertian-blog.htm.
Dan perlu diketahui tentang pengertian homepage ini, bahwa halaman homepage bisa diubah-ubah sesuai keinginan webmaster, atau pengelola sebuah website atau blog.
Dalam sebuah website statis, untuk melakukan setting halaman home page, kita perlu mengutak-atik script-script htmlnya. Berbeda halnya dengan website dinamis. Dalam website dinamis, pada umumnya untuk mengganti-ganti tampilan homepage sudah ada fasilitasnya di halaman administrator.




Sumber :
http://koneksi-tik.blogspot.com/2010/11/pengertian-url-dan-homepage.html
http://www.cara-membuat-blog.info/pengertian-homepage.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar